[REVIEW] SERIAL NETFLIX KOREA SWEET HOME – KEHIDUPAN MANUSIA, MONSTER DAN HATI NURANI

 


Sweet Home ini jadi salah satu serial Netflix Korea yang aku tunggu-tunggu banget season-season selanjutnya karena aku sesuka itu sama season 1 nya. Tahun 2024 ini Season ke-3 dari Sweet Home tayang dan resmi mengakhiri kisah perjalanan manusia yang harus bertahan hidup dari monster maupun bertahan agar tidak berubah menjadi monster. Dengan total 3 Season aku akan membahas sedikit tentang series ini secara keseluruhan dari Season 1-3 sebagai satu kesatuan.

Diawali dengan Season 1 yang menurut aku sukses banget untuk menarik banyak penonton untuk jatuh cinta ke series ini. Kalo gak salah series ini tuh diangkat dari sebuah komik tapi aku sendiri gak baca sama sekali komiknya dan lebih memilih untuk mengikuti seriesnya saja.


MANUSIA MENJADI MONSTER

source: hancinema

Seperti yang aku sampaikan diatas kalo season 1 ini bener-bener membuka banyak banget penonton. Semua bermula dari sebuah komplek apartemen yang tiba-tiba berubah menjadi rumahnya monster karena satu-satu penghuninya berubah menjadi monster. Disini juga kita dijelaskan bahwa monsterisasi itu muncul karena sifat yang ada di dalam manusia.

Kita berkenalan dengan banyak tokoh penting yang nantinya akan menemani kita terus sampai season 3 tapi tentu banyak juga heartbreak yang muncul karena kita kehilangan tokoh-tokoh yang bikin kita jatuh hati di season ini.

Disini juga kita bertemu dengan Cha Hyun Su, monster manusia unik dimana dia lebih bisa mengendalikan monster dalam dirinya. Monster yang ada didalam Hyun Su tidak benar-benar keluar dan menguasai diri Hyun Su sepenuhnya seperti monster yang lain meskipun emang tidak semudah itu juga perjalanan Hyun Su untuk bisa diterima oleh manusia yang lain.

 

PEMERINTAH DAN KEKACAUAN

Pada Season 1 kita berfokus pada kehidupan para penghuni apartemen dan di Season 2 ini kita melihat lebih banyak kekacauan yang muncul di dunia karena proses monsterisasi ini. Kita melihat banyak pihak pemerintah dan lainnya yang mencoba meneliti tentang monsterisasi ini dan juga pihak militer yang berusaha untuk menyelamatkan banyak Masyarakat dan memusnahkan banyak monster.

Disini terlihat dengan jelas kepentingan-kepentingan dari beberapa pihak penguasa yang ternyata emang udah terjangkit monsterisasi dan butuh segera obat atau apapun yang bisa menyelamatkan mereka.

 

MONSTER, NEOHUMAN DAN MAKHLUK ABADI

Pada Season 2 dan 3 ini semakin banyak juga makhluk-makhluk yang muncul akibat monsterisasi ini. Selain monster-monster yang memang sudah berubah bentuk dan sudah kehilangan sifat manusianya, ada juga bermunculan jenis lain seperti MH atau Monster Human dimana mereka bukan lagi manusia tapi bentuknya masih seperti manusia namun sifat kekejamannya yang mengikuti monster. Neohuman juga muncul sebagai bentuk proses lanjutan monsterisasi dan muncul makhluk abadi tak terduga. Manusia semakin terpojokkan dengan munculnya berbagai macam monster ini yang semuanya memiliki kepentingan masing-masing dan manusia masih diteror dengan proses monsterisasi yang menghantui mereka terus menerus.

 

MINI REVIEW (SPOILER ALERT!)

Waktu season 1 suka banget dengan konsep yang ditawarkan oleh Sweet Home ini dan eksekusinya juga menurutku bagus banget. Kemampuan series ini memperkenalkan tokohnya dan mendekatkan penonton dengan tokoh-tokoh yang ada di Season 1 ini sukses bikin banyak penonton gagal move on karena banyak tokoh yang tumbang, sukses membekas banget deh tokoh-tokoh di Season 1 ini. Belum lagi ada plot twist yang muncul di akhir bikin harapan ke Season 2 tuh jadi kuat banget.

Ketika Season 2 tayang, banyak review yang bilang kurang puas dengan series ini dan masih menganggap Season 1 yang paling baik. Aku pun kemakan omongan dan jadi agak males untuk lanjutan seriesnya apalagi katanya Cha Hyun Su yang jadi karakter utama di Season 1 engga terlalu banyak muncul. Aku pun baru melanjutkan lagi ketika tanggal tayang Season 3 muncul dan langsung maraton menyelesaikan Season 2. Menurutku di Season 2 ini dunia di Sweet Home ini langsung luas banget, muncul banyak banget tokoh baru dan suatu lingkungan baru yang buat aku malah jadi kehilangan focus dengan tokoh-tokoh utama kita di Season 1. Mereka bener-bener kurang menonjol disini. Meskipun memang beberapa perluasan tokoh ini tuh punya peran penting hingga akhir season, tapi banyak juga yang sebenernya kalo aku anggap sih gak terlalu signifikan keberadaannya, ga ada pun gak apa.

Gak cuma tokoh dan dunianya aja yang makin luas, tipe-tipe monsternya pun juga makin berkembang pesat banget. Engga cuma yang bentuknya serem tapi yang bentuknya full manusia juga ada Cuma nanti dia bisa ngeluarin monsternya sesuka hati dia aja. Season 3 sebagai season penutup menurutku cukup memuaskan sih, dengan segala bentuk konflik dan penyelesaiannya dan kita kembali banyak ketemu dengan tokoh-tokoh di season 1. Season akhir ini juga surprisingly ada momen-momen yang bikin haru sih karena ada beberapa hubungan orang tua dan anak yang diangkat dan malah bikin nyesek banget.

Plot twist dan kematian itu udah kayak biasa banget lah sepanjang series ini. Kita jadi engga bisa berharap tokoh mana yang bisa selamat dan yang akan menjadi korban atau malah jadi monsternya. Sudah harus pasrah banget lah sama situasi di series ini, ga terduga semua. Secara overall sih aku lumayan suka lah ya meskipun tetep yang Season 1 itu the best banget menurut aku. Gregetnya masih dapet meskipun penyelesaian konfliknya aku malah kurang suka sih. Cha Hyun Su (Song Kang) dan Lee Eun Hyuk (Lee Do Hyun) yang udah epic banget malah gak berbuat apa-apa untuk musnahin monster utama yang menyebabkan kekacauan. Tapi penutupnya emang udah paling masuk akal sih.

Aku pribadi kasih rating series ini 3.5/5 sih karena banyak juga hal-hal yang kurang menurut aku tapi masih aku rekomendasiin banget untuk ditonton!

BACA JUGA: [REVIEW] SERIAL NETFLIX KOREA SWEET HOME - MANUSIA JADI MONSTER

Post a Comment

0 Comments